Pengenalan PHP OOP(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)

    October 30, 2018   No comments

OBJECT ORIENTED PROGRAMMIN(OOP) adalah sebuah metode pemrograman yang menggunakan metode beroientasi objek. Maksudnya adalah lebih mengarah ke object dalam sebuah sistem tersebut. Sebelumnya yang kita bahas adalah sebuah sebuah pemrograman php prosedural. Bedanya PHP OOP denan PHP PROSEDURAL adalah terletak metode penulisannya saja.


Konsep OOP pada PHP

Berikut ini adalah daftar istilah-istilah yang akan sering kita gunakan dalam membuat aplikasi berbasis objek pada PHP.

  1. Class - Class / Kelas bisa diumpamakan sebagai template atau kerangka yang bisa digunakan untuk membuat banyak objek yang sama.
  2. Objek - Objek ini di defenisikan oleh sebuah Class/kelas. Kita hanya mendefinisikan kelas satu kali dan bisa membuat banyak objek yang sama. Objek juga dikenal sebagai instance.
  3. Member Variable - Merupakan variabel - variable yang didefenisikan di dalam sebuah kelas. Variabel-variabel ini juga disebut sebagai atribut objek setelah objek baru dibuat.
  4. Member function - Function yang didefinisikan di dalam sebuah kelas dan dapat digunakan untuk mengakses objek data
  5. Inheritance - Merupakan Pewarisan, Sebuah parent class/ kelas induk bisa mewarisi seluruh fungsi yang ada pada kelas tersebut. child class yang bisa menggunakan fungsi dan kelas induk/ parent class nya.
  6. Parent Class - Class yang diwarisi dari Class lain. Biasa juga disebut base class or super class.
  7. Child Class - Merupakan Class yang mewarisi Class lain. Biasa juga disebut subclass or derived class.
  8. Polymorphism - Merupakan konsep dasar pemrograman berorientasi objek dimana fungsi yang sama dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda.
  9. Constructor- Merupakan sebuah fungsi khusus yang akan dipanggil secara otomatis setiap kali kita membuat objec baru dari kelas tersebut.
Dan masih banyak lagi istilah-istilah untuk konsep PHP OOP ini.






Keuntungan Menggunakan PHP OOP

Membuat program dengan menggunakan pemrograman PHP OOP ini memiliki banyak keuntungan di bandingkan dengan pemrograman PHP PROSEDURAL(Native). Walaupun sebenarnya kita bisa membuat sebuah program dengan menggukan PHP PROSEDURAL secara kompleks. Berikut ini adalah keuntungan yang diperoleh dari menggunakan PHP OOP.


  1. Lebih mudah dipahami, karena penulisan kode dengan konsep OOP sangat terstruktur.
  2. Lebih irit waktu dan penulisan kode, tulis kode sekali panggil berkali-kali.
  3. Lebih mudah dalam tahap pengembangan aplikasi
  4. Jika migrasi ke PHP Framework akan lebih mudah, karena PHP framework sendiri sudah menggunakan konsep OOP.

Mungkin 4 item ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk para programmer lainnya apakah memutuskan untuk tetap prosedural ataukah oop, baik dua-duanya, semuanya bisa dipakai dengan baik. 

Bagi kalian yang ingin belajar pemrograman PHP OOP ini bisa mengikuti tutorial ini step-by-step. 
Sekian dulu untuk pembelajaran kali ini, lebih dan kurang saya mohon maaf. Jangan lupa shere artikel ini agar lebih bermanfaat. Jangan lupa juga follow berbagai media sosial kami agar tidak ketinggalan informasi mengenai artikel terbaru kami. Terima kasih.

Erji Ridho Lubis

Erji Ridho Lubis

Portal Coding Adalah Blog untuk memberikan pembelajaran serta tutorial mengenai berbagai pemrograman komputer.

No comments:
Write Comments

FansPage

Recent Comments

Copyright © 2018 Portal Coding.