Membuat BarCode Menggunakan PHP


Membuat BarCode Menggunakan PHP

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat barcode menggunakan php. Barcode berfungsi untuk mengenkripsi sebuah id atau link kebentuk sebuah kode. Kode ini dapat memudahkan kita dalam mengelola sebuah data.

Apa itu barcode ? Barcode adalah suatu simbol berbentuk garis-garis yang menyatakan suatu kode atau string karakter. Simbol ini dapat dibaca oleh suatu barcode scanner. Salah satu contoh barcode adalah simbol yang ada di produk di toko atau supermarket yang sering kita lihat.

Terdapat 6 kategori barcode berdasarkan kegunaannya, yaitu: barcode untuk keperluan retail, barcode untuk keperluan packaging, barcode untuk penerbitan, barcode untuk keperluan farmasi, barcode untuk keperluan non retail, serta barcode untuk keperluan lain.

Akan tetapi disini kita hanya fokus membahas barcode menggunakan kode 128. Oke langsung saja ke pembahasan. Adapun file-file yang dibutuhkan dalam pembuatan program barcode ini adalah sebagai berikut.
  1. Bar128.php
  2. index.php
  3. prosesbarcode.php

Bar128.php

File bar128.php ini berisi array string untuk membentuk sebuah string ke dalam sebuah barcode bentuk 128. Semacam pungin. File ini diperkenalkan oleh ANSI (American National Standards Institute). Karakter yang bisa dinyatakan ke dalam Code 39 meliputi digit angka 0-9, huruf kapital A-Z, karakter spasi, karakter ‘-’, ‘+’, ‘.’, ‘$’ dan ‘/’. 

Untuk mendapatkan file nya kalian bisa mendownloadnya melaui link berikut ini. Klik disini.


Index.php

Setelah mendownload file tersebut kemudian kita pindahkan kedalam sebuah folder di htdocs kita. Kemudian buat sebuah file dengan nama index.php. Index.php ini berfungsi untuk melakukan input string yang kemudian akan di generate ke bentuk barcode tipe 128. Adapun coding untuk file index.php ini adalah sebagai berikut


<fieldset>
<legend>Form input barcode menggunakan php </legend>
<form action="prosesbarcode.php" method="post">
<b>Silahkan Masukkan Kode</b><input type="text" name="bar" /> <input type="submit" value="Buat Barcode" />
</form>
</fieldset>


Kemudian save.

Prosesbarcode.php

Selanjutnya adalah membuat sebuah file dengan nama prosesbarcode.php. File ini berfungsi untuk memanggil file bar128.php dan juga memproses string yang kita input dan menggenerate string tadi menjadi barcode dan kemudian menampilkannya. Adapun coding dari file ini adalah seperti berikut ini.


<?php
include('bar128.php');
echo '<div style="border:0px double #ababab; padding:5px;margin:5px auto;width:250;">';
echo bar128(stripslashes($_POST['bar']));
echo '</div>';
?>

Kemudian save. 

Setelah semuanya disave kemudian jalankan. Berikut ini dalah hasil dari coding diatas.






Oh iya, kalian bisa mendownload source code nya dari coding diatas. Silahkan download dibawah ini.

>> KLIK DISINI <<

Sekian dulu untuk pembahasan kali ini,jangan lupa dipelajari dan di praktekkan agar lebih menguasai materinya. Jangan lupa komentar dan shere artikel ini agar lebih bermanfaat, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Membuat BarCode Menggunakan PHP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel